Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
KURANGNYA KAPAL ASSIST PADA KEGIATAN PENGOLONGAN DI JEMBATAN MAHAKAM SAMARINDA
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
OKI, RIZKI AL ASHAR
Subject(s)
Skripsi
TALK
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
ABSTRAK
Ashar, Oki Rizki Al, 2021, NIT: 541711306500.K, “Kurangnya Kapal Assist Pada Kegiatan Pengolongan Di Jembatan Mahakam Samarinda”, Skripsi, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Okvita Wahyuni, S.ST., M.M., Pembimbing II : Capt. Suherman, M.Si., M.Mar.
Pengolongan kapal merupakan suatu pergerakan kapal yang melewati alur sungai dari hilir menuju hulu dengan melintasi dibawah kolong Jembatan Mahakam, Jembatan Mahkota Dua, dan Jembatan Mahulu dengan memakai pelayanan jasa wajib pandu dari PT. PELINDO IV (persero) Samarinda selaku Badan Usaha Milik Negara yang bertugas mengatur jadwal, memberikan informasi demi kelancaran keselamatan kapal dan lingkungan sekitar Sungai Mahakam.
Dalam skripsi ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menggunakan suatu metode penelitian dengan menggunakan beberapa aspek seperti analisis data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Dari hasil penelitian dapat diketahui faktor yang menyebabkan kurangnya kapal assist pada kegiatan pengolongan di Jembatan Mahakam Samarinda, antara lain faktor lebar jembatan, dan pasang surut air sungai. Berdasarkan hasil penelitian PT. Pelindo IV Cabang Samarinda melakukan upaya untuk mengatasi kurangnya kapal assist pada kegiatan pengolongan di Jembatan Mahakam Samarinda: Menambahkan jadwal jam pengolongan malam, dan menambahkan operasional kapal assist pada malam hari saat air pasang.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/3656/