Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
TRAINING PERAWATAN HATCH COVER PADA CREW MV. FEDERAL KIBUNE UNTUK KELANCARAN BONGKAR MUAT
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
WAZIR, NAFAN JAYANTO
Subject(s)
Nautika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstrak- Kapal adalah transportasi yang tepat dalam pendistribusian di bidang perdagangan dan perekonomian. Hal ini sering kali terhambat karena kerusakan-kerusakan yang tidak diperlukan. Kerusakan muatan gandum di MV. Federal Kibune pernah terjadi dikarenakan tidak kedapnya hatch cover terhadap air laut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan penyebab dan penyelesaian masalah serta training dan metode dalam perawatan hatch cover. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber data.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penyebabnya yaitu keterampilan teknis, wawasan dan pola pikir, kurangnya training, kebijakan perencanaan atau pengembangan, dan kurangnya pengawasan dari perwira, maka training yang tepat dalam perawatan hatch cover, yaitu safety meeting, diklat intern, tool box meeting, in house training/edukasi serta perlu juga hatch cover maintenance plan agar lebih teratur, sedangkan dari pihak mualim diperlukan pengaturan manajemen pengawasan, untuk metode yang digunakan yaitu evaluasi, demonstrasi dan contoh, simulasi, coaching, on the job, dan self learning.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/3436/