Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Rancang bangun lift prototype berbasis Microcontroller
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
MUHAMAD NAILUL, ALFAT
Subject(s)
Teknika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Intisari-Sistem kendali elevator atau lift yang digunakan di gedung-gedung bertingkat umumnya menggunakan sistem kontrol PLC ( Programmable Logic Controller ). Dalam pembuatan prototype ini menggunakan alternatif lain untuk menggantikan peran PLC dalam mengendalikan proses elevator atau lift yang bekerja yaitu menggunakan mikrokontroler Arduino Uno prototype elevator. Lift ini terdiri dari sensor IR Obstacle digunakan sebagai gerakan naik turunnya lift, beberapa tombol yang terletak di project board yang digunakan untuk memanggil lift ataupun melayani tujuan lantai dan smartphone dengan aplikasi ‘LIFT’ digunakan sebagai perintah suara melalui perangkat teknologi komunikasi bluetooth. Penelitian ini didasarkan pada pengalaman penulis di kapal Mv. Oceanic Progress, ketika proses pengangkutan suku cadang, chemical berbahan baku cairan dan oli dari lantai ke lantai lain menggunakan tenaga manusia melalui tangga .
Metode penelitian dalam skripsi ini merupakan Research and Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui hasil observasi dan studi pustaka.
Berdasarkan hasil bahwa penelitian pengembangan model lift dengan menggunakan perintah suara berbasis microcontroller, melakukan pengujian terhadap sensor dengan memberi aksi sesuai kriteria sensor, dan mengamati reaksi yang terjadi dari aksi tersebut, sehingga penelitian dapat tercipta sesuai dengan harapan peneliti.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/3122/