Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
SHIP ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA DEPARTEMEN PENGADAAN DI PT. MITRABAHTERA SEGARA SEJATI TBK
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
MUHAMMAD, RIZAL ARIFIANTO
Subject(s)
TALK
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstarksi-Economic Order Quantity adalah sistem pemesanan yang menyeimbangkan biaya simpan dan biaya pesan inventory. Tujuan dari penulisan yang dituangkan dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengidentifikasi gambaran stok barang kapal yang ada di PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. 2) Untuk mengidentifikasi kendala apa saja dalam persediaan barang kapal di PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. 3) Untuk mengidentifikasi upaya untuk mengatasi kendala persediaan barang kapal di PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk.
Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terhadap obyek yang diteliti menggunakan metode observasi, studi dokumentasi, study pustaka, statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan persediaan barang belum dihitung dengan baik dengan gambaran stok barang meliputi ketersediaan barang yang disimpan dalam gudang beserta jumlah yang biasa dipesan oleh kapal, ini disebabkan terdapat kendala dalam persediaan barang meliputi persediaan barang dalam jumlah besar yang tidak selalu menguntungkan perusahaan seperti biaya penyimpanan yang tinggi, perusahaan harus mempersiapkan dana yang tinggi untuk mengadakan pembelian barang, perusahaan menanggung kemungkinan resiko yang besar dalam kerusakan persediaan. Kendala lain apabila perusahaan memiliki persediaaan barang yang terlalu kecil maka terdapat resiko seperti kemungkinan kehabisan persediaan barang di Gudang. Upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu menghitung EOQ (Economic Order Quantity), merawat pemakaian inventory. Audit secara periodik persediaan barang.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/2159/