Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Pemanfaatan Port Management System (PMS) Guna Mengetahui Efektifitas dan Efisiensi Kerja pada PT. Varia Usaha Bahari Gresik
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
ARYO, KOMBANG AJI
Subject(s)
TALK
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstraksi- Port Management System merupakan salah satu salah satu aplikasi yang digunakan oleh PT. Varia Usaha Bahari. Sekarang ini menerapkan penggunaan teknologi informasi (komputer dan internet) yang telah disesuaikan dengan kebutuhannya dapat meningkatkan kinerja karyawan pada perusahaan Akan tetapi penggunaan sistem Port Management System di PT. Varia Usaha Bahari belum berjalan baik sehingga berpengaruh untuk efektivitas dan efisiensi kinerja karyawan dalam peng-input-an data bongkar muat kapal.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci penggunaan Port Management System dalam proses perencanaan waktu bongkar muat kapal untuk efektivitas dan efisiensi kerja pada PT. Varia Usaha Bahari. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi berupa foto-foto.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan perubahan penggunaaan sistem PMS dalam proses penginputan data, mempercepat kelancaran arus barang dan dokumen, mengurangi penggunaan kertas, mengurangi human error. kendala yang ditemukan di lapangan dalam penggunaan sistem PMS seperti kendala teknis yang berhubungan dengan pentransferan data lewat komputer, fasilitas internet, fasilitas telepon dan biaya untuk pengadaan perangkat komputer, diatasi dengan penambahan pelatihan tenaga kerja, dan penambahan fasilitas internet, memberikan pelatihan, jika perlu menambah staff yang berkompeten dan handal dibidang komputer.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/2068/