Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Kerusakan oily water separator terhadap proses pemisahan limbah got pada kapal MT.Navigator Pluto
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
RIFQI, FADILLAH AZIL
Subject(s)
Teknika
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
ABSTRAKSI
Pesawat oily water separator adalah suatu alat yang berfungsi untuk memisahkan air dan minyak. Betapa pentingnya pesawat oily water separator guna memenuhi persyaratan internasional yang sesuai dengan MARPOL 73 / 78 untuk mencegah terjadinya pencemaran air laut yang disebabkan pembuangan limbah got oleh kapal yang dapat membahayakan kehidupan lingkungan laut beserta ekosistemnya, tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui jenis perawatan dan pengoperasian yang baik pada pesawat oily water separator sehinga dapat meningkatkan kemampuan kerja dari oily water separator pada saat proses pembuangan limbah got diatas kapal MT. Navigator Pluto sehingga dapat mencegah terjadinya pencemaran air laut.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Fault tree analysis dan fishbone dimana terdapat suatu kejadian yang tidak diinginkan disebut undersiredevent terjadi pada sistem. Metode yang digunakan adalah pohon kesalahan mengumpulkan metode analisis. Hal ini dapat membantu kita mencari akar permasalah dengan pohon kesalahan dan cara dasar berpikir logis untuk membantu kami menentukan dasar dari permasalahan itu sendiri. Metode fishbone karena bentuknya menyerupai kerangka tulang ikan yang bagiannya menyerupai kepala dan tulang ikan. Penyebab permasalahan digambarkan pada sirip dan durinya. Hasilnya peneliti melakukan penelitian bahwa terdapat faktor-faktor yang menyebabkan oily water separator tidak berfuksi dengan baik.
Hasil penelitian bahwa terdapar faktor-faktor yang menyebabkan oily water separator tidak dapat melakukan proses pemisahan dikarenakan permasalahan pada oil content meter, filter media dan pompa oily water separator, tidak dalam kondosi yang baik yang harus dilakukan perbaikan pada komponen dan alat-alat tersebut. Dampak yang diakibatkan adalah oily water separator tidak dapat memisahkan minyak dari air.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/2014/