Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Menurunnya kinerja emergency generator ketika situasi black out di MV. Energy Prosperity
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
FIKRI, ARDHAN AUNURRUSYDA
Subject(s)
Teknika
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
ABSTRAKSI
Emergency generator adalah suatu permesinan bantu yang berfungsi untuk menghasilkan daya listrik guna memenuhi kebutuhan listrik kapal pada saat situasi darurat (black out). Tujuan dari skripsi ini adalah 1) menganalisa faktor menurunya kinerja emergency generator tehadap situasi black out, 2) menentukan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja emergency generator. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis data fishbone analysis dan fault tree analysis, yang digunakan untuk menganalisis dari permasalahan dan untuk membahas serta menentukan upaya permasalahan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa penyebab menurunya kinerja emergency generator adalah kotornya filter bahan bakar dan pengabutan injector yang tidak optimal.
Cara mengoptimalkan permasalahan di atas adalah melakukan perawatan secara berkala terhadap emergency generator terutama pada sistem bahan bakar yang sesuai dengan plan maintenance system (PMS) agar bisa mengabutkan bahan bakar secara sempurna.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1903/