Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Kurangnya Tekanan Udara Start yang Berakibat Kegagalan Start Pada Mesin Induk di KM. Armada Sejati
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
FAISAL, FAHMI
Subject(s)
Teknika
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
tujuan dari perawatan bagian mesin induk di kapal adalah untuk membantu kelancaran suatu sistem kerja mesin induk, sehingga terjadi keselarasan dan kelancaran didalam suatu operasional sebuah kapal. Salah satu bagian mesin induk disini adalah distributor dan starting air valve.
Metode yang digunakan adalah metode Fault Tree Analysis dan metode Fishbone untuk menganalisa masalah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa penyebab bocornya pipa udara, kerusakan apa yang membuat distributor gagal mensupply udara, bagaimana cara untuk mencegah kegagalan start pada mesin induk.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penyebab kegagalan start pada mesin induk adalah karena adanya kerusakan pada distributor dan starting valve. Dampak yang ditimbulkan dari kerusakan distributor yaitu kurangnya tekanan udara start sehingga menyebabkan kegagalan start. Upaya yang dilakukan adalah melakukan pemeriksan dan perbaikan pada distributor dan juga starting air valve dan melakukan standart perawatan dan perbaikan sesuai dengan manual book sehingga mesin induk dapat kembali bekerja dengan optimal.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1895/