Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Analisis Penerapan Tarif Progresif Guna Mengurangi Penumpukan Peti Kemas Di PT. Terminal Peti Kemas Semarang
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
MOH, ARDHANI Y
Subject(s)
Prosiding
TALK
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstraksi-Terminal Peti Kemas Semarang merupakan memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan arus barang baik itu impor maupun ekspor di wilayah Jawa Tengah. Namun demikian masih banyaknya peti kemas yang terlalu lama ditimbun di lapangan, sehingga dapat menghambat kelancaran arus barang. Oleh karena itu, perlu diterapkan tarif progresif sebagai upaya dalam mengurangi penumpukan peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan tarif progresif di Terminal Peti Kemas Semarang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulanatauverifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tarif progresif di Terminal Peti Kemas Semarang dapat berpengaruh terhadap tingkat dwelling time dengan melakukan perbandingan antara tahun sebelum dan sesudah diterapkan tarif progresif. Beberapa hal yang menyebabkan diterapkannya tarif progresif adalah tingkat dwelling time yang masih tinggi dan pemilik barang yang menunda-nunda pengambilan peti kemas miliknya dikarenakan lambatnya pengurusan dokumen pengambilan muatan oleh pemilik barang.
Kata Kunci: Penerapan, Tarif Progresif, Penumpukan Peti Kemas.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1483/