Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Pengaruh perawatan Hydraulic crane terhadap unjuk kerjanya di MV. Armada Persada
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
SUNARWAN, SUNARWAN
Subject(s)
Teknika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Kapal mengangkut muatan sesuai dengan jenis kapal dan muatannya. Pada zaman sekarang segala sesuatu dituntut supaya bisa dilakukan dengan cepat, tepat dan aman, maka kondisi dari alat bongkar muat harus benar-benar normal agar selalu siap digunakan setiap saat . Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya permasalahan menurunnya kerja crane di MV. Armada Persada saat berada di Pelabuhan Nabire pada tanggal 20 April 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode SWOT (Strengths, Weakness ,Opportunities, Treats) yang digunakan untuk memecahkan masalah dari yaitu suatu pola atau struktur sasaran yang saling mendukung dan melengkapi menuju ke arah tujuan yang menyeluruh.
Adapun kendala permasalahan yang ditemukan yaitu viskositas oli hidrolik yang rendah, ausnya roda gigi pada pompa hidrolik, dan filter oli hidrolik yang kotor. Upaya untuk meningkatkan kerja crane yaitu dengan melakukan perbaikan segera mungkin pada bagian-bagian yang rusak, dan melakukan perawatan seefektif mungkin.
Kata Kunci: Viskositas, perawatan, hydraulic crane
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1425/