Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Penyebab pecahnya pompa hydraulic winchlass di MV. Energy Prosperity
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
RAKA, CHABIB PRATAMA
Subject(s)
Teknika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Pompa hydraulic adalah pompa yang berfungsi untuk mensupply fluida hydraulic pada tekanan yang telah ditentukan, serta untuk tenaga penggerak mekanik pada permesinan baik pada bagian deck maupun dalam engine room. Pompa ini digerakkan oleh berbagai jenis tenaga penggerak, misalnya motor listrik atau sebuah mesin yang dihubungkan dengan sebuah sistem kopling serta menggunakan tekanan hydraulic. Sistem kopling yang digunakan dapat berupa belt, roda gigi serta pada pompa yang memanfaatkan tenaga hydraulic menggunakan tekanan minyak hydraulic. Pada saat pengoperasian pompa dapat mengakibatkan kerusakan jika tidak sesuai dengan prosedur, diantaranya pecahnya pompa hydraulic winchlass. Tujuan dari mengidentifikasi penyebab pecahnya pompa hydraulic winchlass tersebut adalah untuk mengetahui apa faktor penyebab masalah tersebut serta untuk mengetahui upaya mengatasi pompa hydraulic winchlass.
Penulis menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik identifikasi masalah fishbone analysis dan teknik analisis data menggunakan metode fault tree analysis. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi.
Hasil Penulisan menunjukan bahwa penyebab pecahnya pompa hydraulic winchlass adalah kerusakan pada cylinder kerja dan tekanan pompa terlalu tinggi.
Kata Kunci: Identifikasi, Pompa Hydraulic Winchlass, Kapal
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1412/