Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Analisis penyebab patahnya batang piston pada kompresor di MT. Asike 1
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
Johan, Prabowo Saputra
Subject(s)
Teknika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Peran mesin kompresor dalam sebuah kapal sangatlah penting. Oleh karena itu, perawatan terhadap kompresor harus dilakukan secara rutin untuk menghindari kerusakan pada kompresor. Apabila perawatan tidak terlaksana, akan timbul permasalahan. Salah satunya adalah patahnya batang piston pada kompresor. Seperti yang terjadi pada tempat peneliti melaksanakan penelitian.
Dengan dasar itu, peneliti merumuskan masalah tentang apakah penyebab patahnya batang piston, apa dampak patahnya batang piston kompresor, dan bagaimana cara menanggulangi patahnya batang piston.
Metode analisis yang digunakan peneliti adalah fishbone analisys dan fult tree analisys. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa tindakan perawatan yang dilakukan awak kapal tidak sesuai prosedur. Adapun saran peneliti adalah selalu memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan patahnya batang piston dan pelatihan tentang prosedur perawatan dan cara penanggulangan yang benar, membuat data running hours pada setiap komponen yang terpasang, sebelum dilakukan perbaikan, perawatan dan penggantian suku cadang diadakan meeting terlebih dahulu agar berjalan baik dan resiko patahnya batang piston dapat dicegah.
Kata kunci: kompresor, ruuning hours, prosedur perawatan.
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1392/