Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Gangguan mesin pendingin tidak mencapai suhu normal di MT.Celosia
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
CANDRA, ADI NURCAHYO
Subject(s)
Teknika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstraksi, mesin pendingin merupakan salah satu pesawat bantu yang penting di sebuah kapal yang berfungsi untuk mengawetkan bahan pangan yang digunakan untuk keperluan di atas kapal seperti mengawetkan daging, ikan, sayuran, buah-buahan dan kebutuhan lainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gangguan mesin pendingin tidak bisa mencapai suhu normal. Peneliti menggunakan metode fishbone dan fault tree analysis, wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka untuk memperoleh data yang berhubungan dengan pesawat refrigerator guna untuk mendukung penulisan dalam pembuatan skripsi.
Permasalahan yang terjadi adalah filter dryer mengalami berkurangnya kemampuan dari silica gel untuk menyerap kandungan air didalam freon. Kemampuan filter tersebut terus menurun, maka akan mengakibatkan komponen lain seperti thermostat expantion valve akan mengalami gangguan yaitu terjadi penyumbatan yang disebabkan oleh bunga es dari air yang membeku. Oleh sebab itu diperlukan perawatan dan pengecekan secara terus-menerus agar komponen tersebut dapat bekerja dengan baik serta tidak mengganggu jalannya operasional instalasi pendingin secara keseluruhan.
Kata Kunci: filter dryer, thermostat expantion valve, perawatan
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1350/