Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Upaya Optimalisasi Kegiatan Pressure Test Pada Fire Main, Fire Pump dan Fire Hose di M.V. NYK Laura
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
INDRA, YANUAR PERMANA
Subject(s)
Nautika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstraksi - Perawatan pada peralatan kapal sangatlah penting apalagi yang berhubungan dengan peralatan keselamatan dan kebakaran. Penggunaan peralatan kebakaran yang harus sudah siap digunakan dan berfungsi dengan baik merupakan suatu kewajiban bagi kru diatas kapal untuk selalu melakukan pengecekan dan perawatan sesuai jadwal. Hal ini dimaksudkan agar jika sewaktu-waktu ada pengecekan PSC dan kebakaran diatas kapal peralatan tersebut dalam kondisi baik. Yang perlu diperhatikan agar performa pressure test dalam keadaan siap dan optimal adalah dengan melakukan perawatan sesuai standart dan meminimalisir faktor yang menyebabkan performa pressure test tidak optimal.
Sering ditemukannya fire hose yang bocor dan pressure yang tidak sesuai saat pelaksanaan drill dan pengecekan bulanan. Hal ini sangatlah penting mengingat bahwa peralatan pemadam kebakaran di kapal kontainer terutamanya menggunakan water supply systems yaitu fire main, fire pump dan fire hose. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik mengadakan penelitian analisis faktor-faktor penyebab kegiatan pressure test selalu ada masalah menggunakan metode (SWOT) sebagai strategi.
Upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pressure test di M.V. NYK Laura dengan meningkatan Plan Maintenance System (PMS), mengaplikasikan ketentuan SOLAS chapter II-2 tentang fire main, fire pump dan fire hose, perencanaan dan koordinasi yang baik anatara pihak terkait, kondisi fire main, fire pump dan fire hose sendiri yang sesuai dengan standar. menerapkan strategi hasil analisis strength weakness opportunities threat (SWOT) yaitu berupa strategi WT,WO,ST, dan SO.
Kata kunci: Pressure test, IFAS, EFAS, SWOT
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1339/