Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
PENGARUH PELAKSANAAN PROSES PURGING BAGI KESEHATAN CREW KAPAL DI MT. GAS MELAWI
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
I Musafa, I Musafa
Subject(s)
Nautika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Kesehatan dan kesalmatan crew merupakan sesuatu yang penting ketika bekerja di kapal, baik yang bekerja di bidang kapal niaga maupun tidak. Lpg/c Gas Melawi merupakan salah satu kapal niaga yang berjenis tanker. salah satu upaya perusahaan pelayaran Usaha Gas Elpindo dalam mewujudkan kesehatan dan keselamatan crew adalah dengan memberikan pelatihan kepada crew dan memfasilitasisegala sesuatu untuk kesehatan dan keselamatan kerja crew.
Namun, dalam pelaksanaan crewa tidak melaksanakan sesuai preosedur dikarenakan kurangnya keluhan crew itu sendiri. hal ini terbukti dari beberapa keluhan crew ketika pelaksanaan purging mengalami gangguan kesehatan. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desktiptif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran crew untuk melaksanakan proses purging yang baik dan benar. pengambilan sampel sebanyak 17 responden, Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket/kuisioner, dokumentasi, observasi langsung dan wawancara, sedangkan analisis dan oleh data menggunakan fishbone dan USG (urgency, serioudness, growth)
Dan hasil analisis data, menunjukkan bahwa variable yang diteliti mempengaruhi proses purging dan dapat berdampak pada kesehatan crew kapal. maka dari itu, ketika pelaksanaan purging di kapal Lpg/C Gas Melawi, variable yang diteliti pada penelitian ini harus diperhatikan sehingga proses purging dapat berlangsung dengan baik dan tidak mengganggu kesehatan crew kapal Lpg/c Gas Melawi, variable yang diteliti pada penelitian ini harus diperhatikan sehingga proses purging dapat berlangsung dengan baik dan tidak menggangu kesehatan crew kapal Lpg/c Gas Melawi.
kata kunci: Purging, Fishbone dan USG, Lpg/c Gas Melawi
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1330/