Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Penerapan Manajemen Dalam Pengaturan Muatan Steels Coils di MV. Kharis Pegasus
Collection Location
Repository PIP Semarang
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
FADLI, RIDHO AL HAKAM
Subject(s)
Nautika
Prosiding
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2024
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Abstraksi, Ketika penulis naik di MV. Kharis Pegasus, banyak awak kapal yang belum mempunyai pengalaman di kapal General Cargo, sehingga kurangnya awak kapal dalam memahami manajemen pengaturan muatan steel coils. Tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui prosedur, kendala dan upaya yang ada dalam pengaturan muatan ini.
Penelitian ini penulis menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pengaturan muatan steel coils yang baik yaitu berpedoman pada SOP (Standar Operasinal Prosedur) dari perusahaan dan mengacu pada prinsip pemuatan yang baik. Kendala yang dihadapi yaitu faktor internal (manusia dan peralatan) dan faktor external (cuaca). Upaya yang diambil untuk mengatasi kendala di atas yaitu : faktor internal dengan melakukan safety meeting dan training terhadap awak kapal, serta melakukan perawatan pada peralatan bongkar muat. Untuk faktor external dengan mengecek kekuatan lashing cargo, dan menutup rapat palka agar udara di dalam palka tetap stabil.
Kata kunci : pengaturan muatan, kendala, dan upaya
Specific Detail Info
//repository.pip-semarang.ac.id/1296/