Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Pengaruh Penggunaan Ship Chandler terhadap Kegiatan Operasional Kapal Milik PT. Pertamina International Shipping
Collection Location
Repositori Politeknik Pelayaran Surabaya
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
Nandita S.M, Anastasya Buldant Parigi
Subject(s)
HE380.8-971 Water transportation
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2023
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
ANASTASYA BULDANT, “Pengaruh Penggunaan Ship chandler Terhadap Kegiatan Operasional Kapal Milik PT. Pertamina International Shipping”. Dibimbing oleh Otri Wani Sihaloho,S.S.T. dan Dyah Ratnaningsih, S.S, M,Pd
Dalam pemenuhan pengadaan barang kebutuhan kapal milik PT. Pertamina International Shipping, melaksanakan suatu layanan Ship chandler adalah Pengadaan Bahan Makanan Kapal dan beberapa kebutuhan running store spare part kapal dan kebutuhan oprasional kapal yang bersifat kecil diberikan dalam bentuk uang dengan besaran yang disesuaikan dengan peraturan perusahaan. Kegiatan suplai ship chandler belum berjalan dengan baik dan perlu dilakukan perbaikan dan evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor, pengaruh, dan upaya yang timbul karena adanya penggunaan Ship chandler untuk pemenuhan kebutuhan dikapal milik PT. Pertamina International.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif mendeskripsikan secara terperinci pengaruh penggunaan ship chandler terhadap kegiatan operasional kapal milik PT. Pertamina International Shipping, dengan menggunakan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara serta dilakukan determinasi. Hasil penelitian menunjukan adanya faktor-faktor yang menghambat supplai ship chandler adalah kurangnya monitoring kegiatan yang beracuan pada SOP (Standard operating prosedur) dan kualitas produk ship chandler yang tidak sesuai Berita Acara Serah Terima (BAST) serta adanya pengaruh penggunaan ship chandler terhadap kegiatan operasional kapal dengan adanya dampak positif terhadap kegiatan operasional ,serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor- faktor tersebut dilakukan monitoring terhadap kegiatan yang sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP), pemilian serta vendor yang sesuai dengan jatah pagu kapal dengan memperhatikan kualitas barang, evaluasi harga.

Kata Kunci: Pengaruh Ship chandler, Operasional Kapal.
Specific Detail Info
https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/15/