Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Pengaruh Pelayanan Jasa Penyandaran Kapal terhadap Efektivitas Waktu Sandar Kapal pada PT Berjaya Samudera Indonesia
Collection Location
Repositori Politeknik Pelayaran Surabaya
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s)
Subject(s)
HE561-971 Shipping
Classification
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Publisher
Publishing Year
2023
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Alfin Hibatul ‘Alimi pengaruh pelayanan jasa penyandaran kapal terhadap efektivitas waktu sandar kapal pada pt berjaya samudera Indonesia. Dibimbing oleh Ibu Otri Wani Sihaloho,S.ST selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dyah Ratnaningsih,S.S., M.Pd selaku pembimbing II.
Transportasi laut di Indonesia tumbuh pesat. Permintaan layanan efisien dan handal meningkat sejalan pertumbuhan ekonomi. PT Berjaya Samudera Indonesia, perusahaan pelayaran swasta, berperan penting dengan tiga tongkang dan enam kapal SPOB 3500 DWT yang mengangkut minyak kelapa sawit.
Penelitian fokus pada penyandaran kapal untuk bongkar muat. Tujuannya mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi layanan penyandaran dan dampaknya pada efisiensi sandar kapal. Metode: kuesioner, observasi, analisis data. Dalam penelitian ini, 20 responden berpartisipasi. Hasil analisis menunjukkan hubungan kuat antara layanan penyandaran dan efisiensi waktu sandar kapal. Koefisien determinasi 93,7% menggambarkan pengaruh signifikan layanan penyandaran terhadap efektivitas waktu sandar kapal.

Kata kunci : pelayanan penyandaran kapal, efektifitas waktu sandar
Specific Detail Info
https://repository.poltekpel-sby.ac.id/id/eprint/12/