Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
MATERI SOSIALISASI KESELAMATAN BERLALU LINTAS UNTUK ANAK SD KELAS 4-6 USIA 10-12 TAHUN
Collection Location
Perpustakaan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Edition
Call Number
363.1 DIR m
ISBN/ISSN
Author(s)
DIREKTORAT SARANA TRANSPORTASI JALAN
Subject(s)
Transportasi
lalu lintas
SALUD
KESELAMATAN JALAN
Classification
363.1
Series Title
GMD
Electronic Resource
Language
Indonesia
Publisher
KEMENTERIAN PERHUBUNGAN
Publishing Year
2020
Publishing Place
Jakarta
Collation
Abstract/Notes
Pada tahap perkembangan anak usia 10 – 12 tahun, masa ini disebut juga dengan masa anak-anak akhir ( late childhood ). Setiap anak akan memiliki ciri-ciri yang berbeda sejalan dengan perkembangan individu tersebut, biasanya late childhood ini umumnya berada di kelas 4 sampai dengan kelas 6. Anak-anak tersebut sudah memasuki tahapan perkembangan fisik tertentu, faktor lingkungan juga akan mempunyai peranan dalam mempertajam perbedaan individu anak. Anak-anak mengalami perubahan berpikir, ditandai dengan adanya aktivitas-aktivitas mental seperti mengingat, memahami, dan memecahkan masalah.
Pendidikan sejak usia dini terutama masalah keselamatan di jalan merupakan cara membentuk pola pikir dan karakter pada anak-anak untuk membentuk persepsi dan paradigma masyarakat tentang keselamatan jalan.
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, mengeluarkan seri buku Materi Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas untuk Anak SD Kelas 4 -6, Usia 10 – 12 tahun, Seri materi ini merupakan revisi seri materi yang sudah ada dan disesuaikan dengan peraturan perundangan terbaru dan kondisi terkini, dengan tujuan untuk :
• Memberikan pemahaman nilai, norma, etika dan aturan berlalu lintas yang berkeselamatan jalan.
• Mengembangkan sikap “ selamat” dalam berlalu lintas dan karakter “empati” terhadap sesama pengguna jalan.
Semoga buku ini dapat dimanfaatkan oleh instruktur, pelatih, pendidik, dan pemerhati untuk menciptakan kedisiplinan dalam keselamatan berlalu lintas di jalan.
Specific Detail Info