Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Sistem Komunikasi Marabahaya dan Keselamatan Maritim Global: Global Maritime Distress and Safety System
Collection Location
Perpustakaan Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara
Edition
Ed. 1, Cet. 2
Call Number
621.382 SUP s
ISBN/ISSN
9786022804635
Author(s)
Hadi Supriyono
Subject(s)
Komunikasi

Classification
621.382
Series Title
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
deepublish
Publishing Year
2015
Publishing Place
yogyakarta
Collation
xvi, 220 hlm. ill; 20cm
Abstract/Notes
Usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan sistem global tentang komunikasi marabahaya (distress communication) dan keselamatan pelayaran telah dilakukan sejak belasan tahun silam pada sidang-sidang International Maritime Organization (IMO).
Alasan mengapa harus dilakukan pembaharuan dalam komunikasi pelayaran antara lain:
- Sistem yang ada pada saat itu tidak cukup memadai sehingga banyak korban jiwa manusia akibat kecelakaan di laut, yang seharusnya dapat di hindari apabilasistem komunikasi antara kapal-kapal yang mengalami musibah baik dengan tim penyelamat di darat/pantai maupun dengan kapal/kapal di sekitarnya.
- Teknologi komunikasi yang ada telah banyak di gunakan secara luas di dalam dunia bisnis, sedangkan untuk keperluan komunikasi marabahaya dan keselamatan pelayaran masih memakai cara-cara konvensional dan lamban.
Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memberikan penjelasan secara teoritis tentang GMDSS, terutama kelebihan-kelebihan yang terdapat pada sistem ini, 'pada layanan stasion bergerak maritim' (Maritime Mobile Services) dan layanan stasion bergerak Satelit untuk Maritim (Maritime Mobile Satellite Services).
Specific Detail Info