Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Percikan Pemikiran Di Bidang Kepustakawanan
Collection Location
Perpustakaan Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara
Edition
Call Number
025.302 SAL p
ISBN/ISSN
978-602-8674-48-5
Author(s)
Saleh, Abdul Rahman
Subject(s)
Kepustakawanan
Classification
025.302
Series Title
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
Sagung Seto
Publishing Year
2011
Publishing Place
Jakarta
Collation
xii, 202 hal..; 15,5 x 24 cm
Abstract/Notes
Pendidikan Perpustakaan yang mencetak pustakawan baik terampil maupun ahli telah berkembang cukup banyak di Indonesia. Namun ini hanya di lihat dari segi jumlah saja. Pertanyaannya bagaimana kualitas dari pendidikan tersebut ? Sangat bervariasi dari yang sangat maju sampai ke yang kurang maju. Ikatan Pustakawan Indonesia harus menfasilitasi agar penyelenggaraan program studi perpustakaan peduli terhadap peningkatan kurikulum. Menyamakan mutu setiap program studi memang sangat tidak mungkin, namun memberikan guide line kurikulum minimal untuk penyelenggaraan perpustakaan mungkin perlu.
Posisi kelembagaan perpustakaan baik di tingkat pusat maupun ditingkat daerah sangat bervariasi. Ada yang dihargai dengan posisi yang cukup tinggi, misalnya setingkat Badan di propinsi, atau setingkat Direktorat di Universitas. Namun yang kurang beruntung masih sangat banyak. Disinilah Ikatan Pustakawan Indonesia diharapkan perannya dalam memberikan advokasi da fasilitasi untuk peningkatan status perpustakaan.
Salah satu problema yang sampai saat ini belum terpecahkan adalah memberikan jabatang fungsional pustakawan pada pustakawan swasta. Ikatan Pustakawan Indonesia tentu saja bersama-sama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah harus terus bersama-sama memikirkan dan mencari jalan keluar, bagaimana memberikan status jabatan fungsional kepada pustakawan swasta tersebut. Dengan status tersebut mungkin pustakawan di lembaga-lembaga swasta kondisinya lebih baik.
Specific Detail Info