Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Mikrokontroler : belajar AVR mulai dari nol
Collection Location
Perpustakaan Politeknik Penerbangan Curug
Edition
Call Number
004.64 SUM m
ISBN/ISSN
978-979-756-931-0
Author(s)
Sumardi
Subject(s)
mikrokontroler
Classification
004.64
Series Title
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
Graha Ilmu
Publishing Year
2013
Publishing Place
yogyakarta
Collation
x, 150 hlm. : ilus. ; 26 cm.
Abstract/Notes
Buku ini dipersiapkan bagi yang berkeingiinan untuk memperlajari mikroprosesor dan mikrokontroler terutama bagi pemula. Dalam buku ini dijelaskan langkah demi langkah dalam memrogram mikroprosesor terutama untuk mikroprosesor keluarga ATMEGA. Diharapkan setelah membaca buku ini pembaca yang tadinya belum bisa menjalankan mikroprosessor akan bisa membuat suatu program untuk menjalankan mikroprosesor sederhana.

Dalam buku ini berisi pengetahuan dasar tentang mikroprosessor dan langkah-langkah pemrogramannya mulai dari perintah dasar yang mencakup bagaimana menjalankan program codevision AVR, fungsi output input disertai prakteknya dengan menjalankan LED, masukan push buttom, pemrograman keypad, pemrograman LCD kemudain pemrograman dengan memanfaatkan timer sebagai pewaktu, timer sebagai pencacah, timer sebagai PWM dan contoh aplikasinya. Pada bagian selanjutnya pembaca dikenalkan tentang ADC dan Interupsi. Bab berikutnya dibahas mengenai komunikasi serial antara mikroprosessor dengan komputer yang meliputi register, hyper-terminal, kirim data serial, terima data serial dan kirim dan terima data serial.

Untuk mengetahui penerapan mikroprosessor dalam buku ini dibahas mengenai pemrogaraman pada motor DC dan motor stepper. Bagian akhir dari buku ini dicantumkan contoh-contoh hasil tugas mahasiswa dalam matakuliah komponen sistem kontrol diantaranya pemrograman mikroprosessor ATMEGA untuk sensor suhu, sensor ultrasonik, sensor kompas dan sensor kelembaban.
Specific Detail Info