Integrated Transport Resource Catalog

Pepustakaan Pusat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Title
Model integratif perilaku inovatif instruktur penerbang
Collection Location
Perpustakaan Politeknik Penerbangan Curug
Edition
Call Number
302 AFE m
ISBN/ISSN
978-602-269-374-1
Author(s)
Afen Sena
Eliana Sari
Thamrin Abdullah
Suryadi
Subject(s)
Perilaku Organisasi
Classification
302
Series Title
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
Halaman Moeka
Publishing Year
2020
Publishing Place
Jakarta
Collation
xvi, 309 hlm. : ilus. ; 25 cm.
Abstract/Notes
Dalam kondisi lingkugan yang dinamis dan cepat berubah, inovasi merupakan faktor kunci bagi kesuksesan organisasi. Inovasi yang diperlukan terutama adalah inovasi pada level individu atau perilaku inovatif yang merupakan sumber inovasi pada level organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif instruktur penerbang pada sekolah pembentukan penerbang di Indonesia, khususnya dilihat berdasarkan faktor budaya organisasi, kepuasan kerja dan komitmen profesi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dengan sampel sebanyak 98 instruktur penerbang yang diambil secara acak sederhana.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert 5 poin dan analisis data menggunakan analisis jalur. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi, kepuasan kerja dan komitmen profesi berpengaruh langsung positif terhadap perilaku inovatif, serta budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja dan komitmen profesional. Sementara kepuasan kerja tidak berpengaruh langsung terhadap komitmen profesi. Temuan lain menunjukkan bahwa komitmen profesi berperan memediasi pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap perilaku inovatif, serta kepuasan kerja memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap perilaku inovatif.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka faktor budaya organisasi, kepuasan kerja dan komitmen profesi harus harus diposisikan sebagai faktor strategis dalam proses pengelolaan organisasi pada sekolah pembentukan penerbang agar memperoleh perhatian yang cukup. Ketiga faktor tersebut juga harus terus menerus diperbaiki dan ditingkatkan untuk memperkuat perilaku inovatif instruktur penerbang.
Specific Detail Info